Halaman

tulisan berjalan

Mengintip cara kerja SIMcard pada HP

Mengintip cara kerja SIMcard pada HP




[Image: simcards1.jpg]
Tentu kalian memiliki benda mungil yang satu ini. Karena tanpa benda ini anda tidak dapat mengoperasikan secara optimal handphone anda. Ya, benda ini di namakan SIM (Subscriber Identity Module). SIM adalah kartu informasi kecil yang berisi informasi berlangganan dan informasi pribadi lainnya. Informasi ini seperti nomor telepon, informasi penagihan identitas, dan sebagian kecil data pengguna tertentu.Simcard digunakan dalam sistem GSM. Kartu yang mirip dengan SIM dalam UMTS disebut USIM, sedangkan kartu RUIM popular dalam sistem CDMA.

Kartu SIM adalah Sebuah papan sirkuit kecil berkode, yang diintegrasikan ke dalam ponsel GSM ketika kita berlangganan jasa telekomunikasi. Kartu ni menyimpan informasi dari orang yang berlangganan, keamanan data dan serta memori untuk menyimpan nomor pribadi. kartu SIM menyimpan informasi yang memungkinkan penyedia layanan jaringan untuk mengidentifikasi penelpon. Kartu SIM seperti kartu memori yang bisa dilepas dan bisa diintegrasikan ke dalam setiap handset GSM, memungkinkan Anda untuk mempertahankan nomor ponsel yang sama bahkan dalam kasus ketika Anda mengganti ponsel anda. Sebuah chip unik ada dalam kartu SIM di semua ponsel GSM.

CARA KERJANYA

[Image: SIM_Cards_with_128MB_Memory.jpg]


Quote:
Subscriber Identity Module ini sifatnya sementara, artinya dapat dipindahkan pada sejumlah telepon seluler. SIM menyimpan informasi seperti nomor telepon, pesan teks , dan data lain. Dapat dianalogikan seperti hardisk kecil yang dapat mengaktifkan telepon secara otomatis saat ditancapkan pada sebuah perangkat.
--------------------------------------------------------------
Simcard menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID, Integrated Circuit Card ID), nomer pengguna internasional (IMSI, International Mobile Subscriber Identity), kunci authentikasi (Ki, Authentication Key), kode area (LAI, Local Area Identity), dan nomer panggilan darurat operator. SIM juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC, Short Message Service Center), nama penyedia layanan (SPN, Service Provider Name), dan lainnya



[Image: SIM_chip_structure_and_packaging.svg.png]

Pada pin Simcard pasti terdiri atas 6 Pin.. yang terdiri atas :

1.simclock , adalah sinyal frekuensi clock melakukan sinkronisasi ke data digital untuk membuat sinyal data ketika mentransfer atau mengirim dan menerima informasi data.


2.simdata , adalah data digital yang disimpan pada memori SIM


3. simreset, ini juga merupakan sinyal frekuensi yang memicu atau mengatur ulang semua proses sinkronisasi


4.Vsim , ini sebuah power supply tegangan yang digunakan untuk mengaktifkan sirkuit SIM.


5. Ground, voltase gound


6. Nc (Not Connetcetd)

Terdapat 3 sumber listrik untuk mengoperasikan sim card ini, yaitu 5 v , 3 v, 1.8 v. (ISO/IEC 7816-3 klas A, B, dan C.
Kartu sim pertama di buat pada tahun 1998, dengan kartu Munich smart Giesecke & Devrient menjual 300 kartu pertama ke operator jaringan nirkabel Finlandia Radiolinja


Pin2 penting yang harus kita perhatikan adalah semua pin2 tersebut harus dalam keadaan tersambung satu sama lainnya sesuai dengan jalur yang dilalui… kecuali jalur NC alias not connected atau tidak konek ke mana2

SISTEM OPERASINYA

Sistem operasinya ada 2 jenis yaitu, Kartu asli dan kartu java. Karu asli didasarkan pada bawaan produk, perangkat lunak vendor tertentu sedangkan kartu java merupakan subset dari bahasa pemograman yang ditunjukan untuk embedded device. Kartu java memungkinkan SIM berisi pemrograman dan hardware yang bisa diinstal terus.

DIAGRAM BLOK SUBSCRIBER IDENTITY MODULE (SIM)


[Image: ag_SIM_Card_Block_Diagram_low_res.jpg]



Diagram ini menunjukan bahwa kartu sim memiliki 8 kontak listrrik. Kartu ini memiliki mikroprosesor yang digunakan untuk mengambil dan menyimpan data. Memori tambahan dimasukan untuk memberikan fitur seperti pesan singkat yang disimpan pada kartu sim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar